Sabtu, 21 Januari 2012

Pemahaman Tingkah Laku

PERKEMBANGAN DAN KEPRIBADIAN



Disusun Oleh :
Nama   : Gilang Ramadhan S P
NPM   : 11.0301.0014

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH MAGGELANG
TAHUN 2011/2012

BAB 1
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Psikologi perkembangan merupakan cabang dari psikologi individu, baik sebelum maupun seteleh kelahiran maupun kematangan perilaku J.P. Chaplin, 1979) psikologi perkembangan  merupakan ilmu yang mempelajari karakteristik setiap fase – fase perkembangan.
Dewasa ini psikologi sangat dibutuhkan dalam setiap manusia khususnya bagi seorang pelajar(ABG) maupun pada orang dewasa. Oleh karena itu khususnya bagi psikolog haruslah tau apa arti dari perkembangan dan kepribadian itu,agar dalam memberikan solusi kepada klien bisa menempatkan pada sasaran yang sesuai, karena dalam perkembangan dan kepribadian pada setiap manusia merupakan bantuan untuk memberikan bantuan kepada individu dalam menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan yang lebih bak. Pemberian bantuan ini dapat dilakukan melalui berbagai cara , salah satu bahan yang bisa dipakai msalnya diberikan kesempatan untuk membaca dan menelaah sebuah buku tentang sopan santun, caif ra belajar efektif , tata tertib dan sebagainya.Psikologi juga memiliki sebutan yang beragam dan terus berkembang dar waktu kewaktu. Psikologi ini tujuanya agar para individu dapat mewujudkan diri sebagai pribadi yang mandiri,bertanggung jawab,belajar kreatif,dan bekerja produktifdan dapat menerapkan perkembangan yang terjadi pada kepribadian seseorang.


B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa arti dari psikologi perkembangan?
2.      Apa arti dari psikologi kepribadian?
3.      Faktor apa saja yang menjadikan psikologi perkembangan dan kepribadian?
BAB II
ANALISI PEMBAHASAN
A.    PEMBAHASAN
1.      Pengertian Perkembangan
Obyrk psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi.
Pengertian perkembangan menunjuk pada suatu proses kearah yang lebih baik atau sempurna dan tidak begitu saja dapat di ulang lagi. Perkembangan menunjuk ada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali.Perkembangan juga berkaitan dengan belajar khususnya mengenai isi proses perkembangan, apa yang berkembang berkaitan dengan perilaku belajar.Dengan demikian perkembangan dapat diartikan sebagai proses yang kekal dan tetap yang menuju kea rah suatu organisasi pada tingkat intergrasi yang lebih tinggi, berdasarkan pertumbuhan,pemasakan dan belajar.
2.      Contoh perkembangan
a)      Tingginya badan pada diri seseorang
b)      Berkembangnya daya fikir seseorang, yaitu dari masa kanak – kanak menjadi dewasa.
Perubahan – perubahan yang progesif meliputi dua factor yakni kematangan dan pengalaman.Mengemukakan dua macam pengertian yang harus dihubungkan denngan perkembangan yaitu:
v  Ortogenetik yang berhubungan dengan perkembangan sejak terbentuknya individu yang baru dan seterusnya sampai dewasa.
v  Filogenetik yakni perkembangan dari asal usul manusia sampai sekarang ini.Perkembangan perubahan fungsi semasa hidupnya menyebabkan perubahan tingkahlaku dan perubahan ini juga terjadi sejak adanya permulaan manusia,jadi perkembangan ortogenetik mengarah kesuatu tujuan khusus sejalan dengan perkembangan evolusinya mengarah kepada kesempurnaan manusia.

3.      Tugas – tugas perkembangan
Perkembangan merupakan proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosial psikologi manusia pada posisi yang harmonis dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas dan kompleks.Oleh Havighurst perkembangan tersebut dinyatakan sebagai tugas yang harus dipelajari , dijalani , dan di kuasai oleh setiap individu dalam perjalanan hidupnya,atau dengan perkataan lain perjalanan hidup manusia ditandai dengan berbagai tugas perkembangan yang harus ditempuh. Pada jenjang kehidupan remaja  seseorang telah berada pada posisi yang cukuo kompleks,dimana ia telah banyak menyelesaikan tugas perkembangan,seperti mengatasi sifat tergantung pada orang lain,memahami norma dengan teman sebaya.Dengan demikian para remaja menjalani tugas mempersiapakan diri untuk dapat hidup dewasa,dalam arti mampu menghadapi masalah – masalah.bertindak dan bertanggungjawab sendiri.Oleh karena itu  tugas perkembangan pada masa remaja ini dipusatkan pada upaya untuk menangulangi sikap kekanak – kanakan.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com