Sabtu, 21 Januari 2012

CARA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SLOW LEARNER

“CARA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SLOW LEARNER”
Makalah Ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Psikologi umum
Dosen Pengampu : Dra Lilis M.,M.Si

logo umm.jpg




Disusun Oleh :
Gilang Ramadhan Soerya Permana ( 11.0301.0014)


JURUSAN BIMBINGAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2011/2012


KATA PENGANTAR
 Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena berkat rahmat beliaulah saya selaku penulis dapat menyelesaikan makalah
ini. Berdasarkan mata kuliah yang telah diberikan, saya memberi judul makalah
ini Psikologi Pendidikan dengan membahas mengenai anak berkebutuhan khusus,
topik yang akan dibahas adalah “Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Slow
Learner”.
 Dalam proses pembelajaran biasanya terdapat seorang anak atau lebih
yang memiliki tingkat intelegensi rendah yaitu sedikit dibawah normal dan
mereka memiliki keterlambatan dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik
maupun non-akademik. Demi masa depan mereka, sangat perlu untuk
meningkatkan motivasi atau dorongan mereka untuk belajar. Untuk itulah saya
susun makalah ini untuk membantu para pembaca sekalian agar memperoleh
sedikit informasi mengenai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
motivasi belajar para slow learner.
 Terselesaikannya makalah ini tidak lepas dari bantuan dan dorongan dari
pihak-pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam proses
penyusunan dan pembuatan makalah ini. Rasa terimakasih saya sampaikan kepada
ibu dosen pembimbing Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Psi yang telah
bersedia menuntun dan membantu saya dalam pembuatan makalah ini serta
narasumber dan pihak-pihak lainnya yang turut serta membantu demi
terselesaikannya makalah ini sesuai dengan apa yang telah diharapkan
sebelumnya.
 Penulis sebagai manusia yang banyak memiliki kekurangan menyadari
bahwa apa yang penulis sampaikan dalam makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan baik dalam proses penyampaiannya maupun isi atau hal-hal yang
terkandung di dalamnya. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan
saran dari para pembaca yang berbahagia yang bersifat membangun sehingga
dapat membantu penulis untuk dapat lebih menyempurnakan lagi makalah ini.
Penulis sangat berharap apa yang telah disajikan dalam makalah ini dapat
memberikan manfaat-manfaat yang sedianya dapat berguna pagi pembaca pada
umumnya dan para penyelenggara pendidikan pada khususnya sehingga apa yang
menjadi tujuan pendidikan di Indonesia serta tujuan Bangsa Indonesia dapat
tercapai sebagaimana yang diharapkan.



 magelang, 11 Januari 2012





Penulis,










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................. ii

DAFTAR ISI............................................................................................ iv

BAB I PENDAHULUAN........................................................................ 1

 Latar Belakang Masalah................................................................ 1

 Tujuan............................................................................................ 2

 Rumusan Masalah.......................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN.......................................................................... 3

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Lamban Belajar

( Slow Learner ).............................................................................. 3

BAB III PENUTUP................................................................................... 5

 Kesimpulan..................................................................................... 5

DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 6



BAB I

PENDAHULUAN



Latar Belakang.

 Setiap individu yang terlahirkan ke dunia ini memiliki kemampuan yang
berbeda terutama dalam bidang akademik yang diakibatkan adanya perbedaan
tingkat intelegensi yang dimiliki oleh setiap individu tersebut. Sering kita temui
adanya individu atau anak yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi sehingga
sering mendominasi dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam proses
pembelajaran yang biasa disebut anak yang berbakat atau pintar dan terdapat pula
yang biasa-biasa saja atau sering disebut dengan anak normal yang memiliki
tingkat intelegensi normal dan sering pula ditemukan anak yang memiliki tingkat
intelektual sedikit di bawah normal yang mengakibatkan mereka mengalami
keterlambatan dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik maupun non-
akademik. Pada makalah ini akan dibahas mengenai anak yang tergolong slow
learner. Anak yang tergolong pada slow learner adalah mereka yang memiliki
dorongan atau motivasi yang rendah dalam belajar sehingga memungkinkan
mereka tidak lulus suatu mata pelajaran masalah-masalah yang mungkin menjadi
penyebab individu menjadi lambat dalam belajar adalah masalah konsentrasi,
daya ingat yang lemah, kognisi serta masalah sosial dan emosional. Karakteristik
anak lamban belar dapat dilihat dari prestasi belajarnya rata-rata kurang dari 6,
lambat dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik dibandingkan dengan teman-
temannya, memiliki daya tangkap terhadap pelajaran lambat serta pernah tidak
naik kelas. Jika seandainya mereka memiliki dorongan yang kuat untuk belajar,
mereka dapat meningkatkan tingkat intelektual menjadi normal atau lebih.
Melihat hal tersebut, para slow learner perlu memperoleh motivasi untuk
meningkatkan motivasi mereka dalam belajar yang dapat diberikan oleh pendidik
maupun pihak-pihak yang terlibat di dalam pergaulan sosialnya. Pemberian
motivasi ini sangat penting dilakukan untuk mencapai peningkatan prestasi
akademik maupun non-akademik yang akan sangat berguna baginya guna
menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Melihat bahwa slow learner bukan
termasuk ke dalam tunagrahita, maka pemberian motivasi melalui pendidikan
formal, informal maupun non formal masih dapat dilakukan.

 Tujuan.

 Berdasarkan pada apa yang telah dijelaskan pada bagian latar belakang
tersebut, maka tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan informasi
kepada pembaca tentang bagaimana cara meningkatkan atau menumbuhkan
motivasi pada individu atau anak lamban belajar ( slow learner ).



Rumusan Masalah.

 Sesuai dengan apa yang terdapat di dalam latar belakang dan tujuan, maka
yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana cara menumbuhkan motivasi
atau dorongan atau minat pada anak yang merupakan anak atau individu yang
lamban dalam belajar atau yang sering disebut dengan slow learner ?

 BAB II

PEMBAHASAN



Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Lamban Belajar (Slow Learner).

 Bagi seorang pendidik yang memiliki peserta didik yang tergolong anak
lamban dalam belajar, dapat menggunakan cara-cara berikut yang menurut
sumber yang penulis peroleh adalah merupakan cara-cara yang telah terbukti
kebenarannya. Berikut cara-cara tersebut :

. Sediakan tempat yang tenang untuk bekerja, dimana anak akan lebih
mudah teramati dan termotivasi.
. Jaga agar sesi pekerjaan rumah tetap pendek.
. Sediakan waktu untuk aktivitas sebelum dan selama megerjakan pekerjaan
rumah.
. Tambahkan berbagai tugas untuk proses pembelajaran bahkan ketika tidak
mendapat tugas, seperti melukis gambar dari tugas membaca.
. Ijinkan mereka mencapai kesuksesan.
. Ajukan pertanyaan mengenai tugas ketika anak sedang mengerjakannya.
. Selesaikan pekerjaan rumah sebelum tidur dan sebelum berangkat ke
sekolah.
. Ajarkan mereka cara menggunakan kalender untuk melacak tugas.
. Bacakan untuk anak yang lamban belajar tersebut.
. Gunakan bentuk ‘tiga transfer’ pembelajaran, yang mana peserta didik
harus memperoleh informasi dan lakukan tiga hal untuk itu disamping
belajar. Sebagai contoh bacakan, jelaskan kepada mereka, gambarkan dan
buat catatan.
. Sabar dan tetap konsisten ( untuk pendidik ).
. Jangan berikan hadiah bagi tugas yang belum selesai.
. Tantang anak dengan mengerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu
lalu kemudian mengerjakan yang lebih mudah ( sebut saja prinsip pencuci
mulut ).
Berikut hal-hal yang dapat dilakukan orang tua kepada anak agar anak
tersebut tidak menjadi anak yang tergolong lamban belajar. Hal-hal yang dapat
dialakukan antara lain adalah sebagai berikut :

. Jangan bersifat over protektif. Ini menunjukkan bahwa orang tua anak
tidak menghargai ataupun tidak mengerti akan berbagai potensi yang
dimiliki anak teresbut dimana anak dibatasi dalam melakukan atau
mencapi pengembangan dan peningkatan potensi yang dimilikinya.
. Hubungi guru jika ada permasalahan atau mengalami kebingungan.
. Ajak anak anda ke tempat tempat yang menarik dimana mereka dapat
melihat bahwa sukses di bidang akademik sangat penting.








 BAB III

PENUTUP



Kesimpulan.

 Berdasarkan pada uraian di atas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa
seorang anak yang termasuk ke dalam anak yang lamban dalam belajar perlu
mendapatkan motivasi-motivasi atau motivasi mereka untuk belajar perlu
ditingkatkan atau ditumbuhkan agar niat mereka untuk melakukan studi tumbuh
dan berkembang pada diri mereka masing-masing lebih-lebih meningkatkan
prestasi yang melebihi anak normal lainnya. Disamping motivasi mereka perlu
untuk di tumbuhkan oleh pendidik, orang tua juga berperan penting dalam
membantu anak tersebut untuk belajar dan mencegah anak tersebut menjadi slow
learner.










DAFTAR PUSTAKA



http://carfamily.wordpress.com/2007/02/20/how-to-help-slow-learners-ideas-and-
resources/

http://www.reacheverychild.com/feature/slowlearners.html




0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com